Skip to main content

Rangkuman Bab 1 ''Operasi Dasar Komputer'' Buku Informatika 1 Kelas VII

 


A. Pengenalan Komputer 
    Komputer berasal dari kata compute, yang artinya menghitung. Setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika menghitung. Komputer memiliki banyak fungsi diantaranya alat bantu menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto dan lain - lain.


1. Komponen - Komponen Komputer
    Komputer memerlukan beberapa komponen untuk dapat bekerja. Komponen - komponen tersebut adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware.

a. Hardware (Perangkat Keras)
    Komponen komputer yang merupakan suatu sistem yang saling bekerja sama. Perangkat keras komputer dibagi menjadi beberapa perangkat berikut.

1. Input Device (Perangkat Masukan)
    Terdiri atas beberapa macam piranti, di antaranya, sebagai berikut.
    
    a)    Keyboard
    Keyboard berfungsi memasukkan huruf - huruf, angka, ataupun karakter khusus dan sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah - perintah lainnya yang diperlukan.

    b)    Mouse
    Mouse berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursos secara cepat.

    c)    Scanner


    
    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

    d)    Mikrofon
    Mikrofon berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang kemudian disimpan dalam memori komputer.

2. Process Device (Perangkat Pemrosesan)
    Berfungsi memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input dan selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output. Terdiri dari komponen pera ngkat keras yang berhubungan satu sama lainPeralatan proses di antaranya adalah sebagai berikut.

    a)    CPU    (Central Processing Unit)

    CPU disebut sebagai otak dari komputer. CPU memiliki tiga peran penting, yaitu sebagai kontrol unit dan internal memory. Selain itu, sebagai arithmatic logical unit.

    b)    Motherboard


    Berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja semua komponen yang terpasang padanya.

    c)    RAM (Random Access Memory)


    Memori penyimpanan sementara yang bersifat random atau acak, biasanya disebut juga dengan memori kerja.

    d)    ROM (Read Only Memory)


    ROM adalah memori yang dapat dibaca tetapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian - bagian elektronik tertentu dalam suatu komputer. 

    e)    VGA Card 


    Berfungsi mengolah data graphis yang selanjutnya ditampilkan di layar monitor, VGA memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit).

    f)    LAN Card


    Kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan.

3. Output Device (Perangkat Keluaran)
    Berfungsi menghasilkan suatu keluaran (output) seperti gambar, kertas (hardcopy), dan suara. Contoh dari output device sebagai berikut.

    a)    Monitor


    Jenis perangkat keluaran yang berupa signal elektronik yaitu gambar yang tampil di layar monitor.

    b)    Speaker


    Perangkat output yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara).

    c)    Printer


    Perangkat output yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi menghasilkan cetakan pada media kertas atau sejenisnya.

4. Backing Storage (Perangkat Penyimpanan)
    Berfungsi menyimpan semua informasi nonaktif di dalam komputer. Penyimpanan dibagi dua, serial access dan direct access. Contohnya sebagai berikut.

    a)    Harddisk


    Disebut juga harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD). Harddisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekunder. Di dalam harddisk berisi piringan magnetis.

5. Periferal (perangkat tambahan)
    Perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya. Beberapa yang umum dipakai sebagai berikut. 

    a)    Modem


    Singkatan dari modulator demodulator, yaitu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi.

    b)    Kartu Suara (sound card)


    Berfungsi untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

    c)    Port Komputer


    Port terdapat pada bagian belakang komputer yang terpasang dengan kabel atau peralatan lainnya. 

b. Software (Perangkat Lunak)
    Program - program yang telah dipasang pada komputer dan berfungsi mengendalikan kerja komputer. Adapun jenis - jenis software adalah sebagai berikut.

1. Sistem Operasi
   

     Berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setisp komponen dan fungsi komputer.

2. Bahasa Pemrograman


    Berfungsi sebagai pemberi instruksi yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer.

3. Program Aplikasi


    Program aplikasi adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software presentasi dan software akuntansi. Contohnya adalah Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, dan MYOB.

c. Brainware
    Brainware adalah user atau orang yang menggunakan perangkat komputer. Berikut adalah contoh - contoh brainware.

1.    Programmer
       Orang yang memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman.

2.    Aministrator
       Orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer.   

3.    Operator
       Orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer.

2. Jenis - Jenis Komputer

a. Supercomputer


b. Mainframe (Komputer Besar)


c. Mini Computer (Komputer Kecil)


d. Personal Computer (PC)


e. Laptop


f. Notebook


g. Netbook


h. Komputer Mobile
    Jenis komputer yang dapat digenggam dengan tangan dan mudah dibawa ke mana pun (portable). Contohnya sebagai berikut.
 
1) Komputer Tablet


2) Alat Baca Buku Elektronik (E-reader)


3) Smartphone


B. Menghubungkan Perangkat, Menghidupkan, dan Mematikan Komputer

1. Menghubungkan Perangkat


    Agar komputer dapat digunakan, komputer harus diaktifkan terlebih dahulu. Sebelu, menggunakan komputer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    a. Pastikan semua kabel pada peralatan komputer baik kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya sudah terpasang dengan baik.
    b. Pastikan kabel listrik sebagai sumber daya terhubung dengan benar ke komputer

2. Menghidupkan Komputer
a. Tekan tombol on atau power pada komputer.


b. Selanjutnya komputer akan melakukan proses yang dinamakan booting yaitu proses menjalankan BIOS (Basic Input Output System) yang terdapat pada komputer.


c. Jika komputer berada pada suatu jaringan, biasanya log in terlebih dahulu sebelum memasuki sistem. Proses log in biasanya meminta username dan password sebagai syarat masuk sistem.

3. Mematikan Komputer
    Setelah selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak mematikan tombol power secara langsung, karena akan menimbulkan kerusakan. Berikut cara mematikan komputer yang benar jika kita menggunakan Microsoft Windows.

a. Pilih tombol start pada taskbar 


b. Pilih tombol turn off lalu akan tampil kotak dialog, pada kotak dialog terdapat pilihan sebagai berikut. 

1) Standby
    Digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keadaan daya rendah.

2) Turn off / Shutdown


    Digunakan untuk mematikan komputer.

3) Restart


    Digunakan untuk mematikan komputer lalu menyalakannya lagi.

4) Hibernate
    Digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.

4. Menghidupkan dan Mematikan Handphone/Tablet

a. Cara Mematikan dan Menghidupkan Android/Tablet secara otomatis

1. Buka setting atau setelan.
2. Gulir layar ke arah bawah dan pilih ''daya mati dan menyala terjadwal'' (scheduled power on and off).
3. Atur waktu agar handphone menyala atau mati sesuai keinginan.
4. Aktifkan kembali dengan cara menghidupkan tombol on-off di sebelahnya.

b. Cara Mematikan dan Menghidupkan Smartphone Secara Manual

1. Menyalakan
Tekan dan tahan tombol lockscreen hingga smartphone nyala

2. Mematikan
Tekan dan tahan tombol lockscreen hingga muncul pilihan power off, kemudian pilih menu power off tersebut.

C. Menggunakan Sistem Operasi
    Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur segala aktivitas komputer. Sistem operasi komputer terdiri atas beberapa bagian sebagai berikut.

1. Mekanisme boot
2. Command interpreter atau shell
3. Library
4. Driver

1. Fungsi Sistem Operasi 

a. Mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
b. Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras.
c. Manajemen file.
d. Melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
e. Mengatur memori

2. Berbagai Jenis Sistem Operasi

a. Unix


b. Ms. DOS


c. Windows


d. Linux


e. MacOS


D. Mengenal Bagian - Bagian Desktop
    Desktop merupakan tampilan awal pada saat dimulainya sistem operasi. Berikut merupakan bagian - bagian yang terdapat di dalam desktop dengan menggunakan Operating
Sistem Windows.

1. Ikon


2. Wallpaper / Desktop Background


3. Start Menu


4. Taskbar


a. File / Windows Explorer


    Jendela yang berisi seluruh data yang terdapat  di dalam harddisk komputer.

b. Disk Drive / Device Storage


    Ketika kita mengakses jendela disk drive pada monitor, kita juga dapat melihat beberapa partisi di harddisk drive.

c. Browser


    Jendela browser adalah sebuah aplikasi yang memudahkan kita berselancar di dunia internet.

E. Aspek K3 Penggunaan Komputer
    Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), merupakan aspek yang harus menjadi perhatian setiap kita melakukan kegiatan, termasuk ketika kita bekerja dengan komputer. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko bekerja dengan komputer.

1. Mengatur posisi tubuh sehingga merasa nyaman.
a) Posisi Kepala dan Leher
b) Posisi Punggung
c) Posisi Pundak
d) Posisi Lengan dan Siku
e) Posisi Kaki

2. Mengatur perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.

3. Jangan menahan buang air kecil.

4. Sesekali gerakanlah badan.

5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan. 

Perhatikan bagian - bagian komputer yang berbahaya bagi kesehatan tubuh berikut ini. 

1. Monitor
2. CPU (Central Processing Unit)
3. Kabel Komputer
4. Keyboard




peace:)




PSL

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 2 ''Perangkat Lunak Pengolah Angka'' Buku Informatika 1 Kelas VII

     Microsoft Excel merupakan perangkat lunak pengolah angka yang sering digunakan. A. Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Angka             Fungsi komputer adalah menyelesaikan perhitungan yang dilakukan komponennya. Salah satunya software (perangkat lunak). Salah satu jenis software adalah perangkat aplikasi pengolah angka. Fungsinya mengolah data berupa angka. Kemampuannya adalah pembuatan tabel data, pengolahan data dengan rumus, grafik, dan database. Contoh perangkat lunak pengolah data adalah :      1. Kspread     Bersifat open source yang artinya sumber kodenya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan sehingga dapat di unduh secara gratis dan digunakan.     2. StarOffice Calc      Dikembangkan oleh Sun Microsystem dan bersifat multiplatform yang artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. StarOffice Calc memiliki kemampuan mengenali dan mengklarifi...

Digital Labs SMP Labschool Jakarta (daring!)

     Digital Labs adalah sebuah event yang diselenggarakan karena adanya kerjasama antara POMG (persatuan orang tua murid guru) SMP Labschool Jakarta dengan pihak sekolah. Digital Labs itu event tahunan. Jadi pasti ada setiap tahun. Walaupun sekarang lagi pandemi, Digital Labs tetap diadakan.     Sebetulnya Digital Labs itu eventnya kayak gimana sih? - Selasa, 29 September 2020     Dimulai dengan masuk zoom angkatan pukul 06.45. Lalu ada pembukaan dari kakak OSIS yang jadi mc, sambutan - sambutan dari Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta Bapak Asdi Wiharto dan lain - lain, juga doa. Setelah itu ada ceramah umum bagi kelas 7, dialog interaktif untuk kelas 8 dan 9. Iya, jadi sebelum "masuk" ke event Digital Labs ada ceramah umum dan dialog interaktif hari ini.      Ceramah umum narasumbernya namanya kak Zahrina Amelia. Kakaknya menjelaskan materi judulnya "Menjadi Pribadi dan Teman yang Baik Selama Pembelajaran Jarak Jauh".    ...

Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

sc :  https://public.oed.com/blog/reading-programmes-the-art-of-reading-for-the-oed/ Setiap hari saya membaca. Bukan hanya membaca buku saja, tapi membaca apa yang ada di media sosial saya. Membaca kitab suci itu pasti karena bekal hidup kita di dunia ini. Membaca koran setiap pagi sambil ngopi asyik sekali. Koran yang dulu dibaca dengan lembaran kertas lebar, kini bisa dibaca lewat ponsel setiap hari. Itulah kecanggihan teknologi saat ini. Manusia cerdas tidak akan lepas dari aktivitas membaca. Kebutuhan akan informasi selalu didapatkannya setiap hari di media sosialnya. Itulah mengapa aktivitas membaca menjadi makanan sehari-harinya. Bangun tidur saya membaca. Pesan di aplikasi whatsapp ribuan banyaknya. Belum ditambah ratusan pesan email dari peserta lomba blog bulan Februari 2021. Senang membaca tulisan mereka. Banyak pengetahuan dan informasi baru didapatkan. Tidak semua diberikan komentar. Hanya membaca cepat saja. Namanya Speed reading. Teknik membaca cepat harus dikuasai un...

Pengalaman Mengikuti PTM di SMP Labschool Jakarta

Dari tanggal 3 Januari 2022 alias semester 2 di  SMP Labschool Jakarta PTM sudah diadakan.      Kelas diadakan dari jam 7 pagi sampai jam 11.30 siang yang pasti dengan menerapkan protokol kesehatan juga. PTM kelas 8 diadakan bergantian dengan kelas 7, jadi kalau kelas 7 PTM kelas 8 PJJ dan sebaliknya. Sementara kelas 9 sudah full PTM setiap hari. Jadi setiap hari yang PTM hanya 2 angkatan saja untuk menghindari terjadinya kepadatan di sekolah.     Karena rumah saya lumayan jauh jaraknya dari sekolah, saya harus berangkat pagi pagi jam 6.15 agar tidak terjebak macet. Agak kagok karena sewaktu SD rumah saya dekat sekali dengan sekolah, tinggal berjalan kaki sebentar saja sudah sampai. Tapi lama-lama jadi terbiasa juga. Saat memasuki sekolah, kita diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu lalu mengecek suhu tubuh, untuk mengantisipasi penularan virus covid-19. Diharuskan juga untuk mengscan QR-code menggunakan aplikasi peduli lindungi.    ...

Alumni Menginspirasi (AMI) Belajar Dalam Format yg Berbeda!

    Kegiatan hasil kolaborasi antar POMG dan pihak sekolah SMP Labschool Jakarta, diselenggarakan untuk menggantikan kegiatan "Orang Tua Menjadi Guru" di tahun-tahun sebelumnya.     Kenapa digantikan?     Karena pandemi covid-19 ini yang tidak memungkinkan untuk belajar secara offline/tatap muka di sekolah, apalagi dengan orang tua yang berperan menjadi guru selama kegiatan berlangsung.     Di acara ini, para alumni SMP Labschool Jakarta yang telah sukses dan memiliki karir yang luar biasa berbagi cerita menarik yang bisa menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita semua.     Sebelum acaranya dimulai, kita membaca basmalah terlebih dahulu sc :  https://reaktor.co.id/awali-kerja-dengan-basmalah-biar-berkah/     Disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi piano yang berupa sharescreen. Setelah itu, ada sambutan dari ketua POMG SMP Labschool Jakarta ibu Ir. Ayu Novianti M.Si. Lalu ada juga dari kepala ...

Rangkuman Bab 3 "Algoritma dan Pemrograman" Buku Informatika 1 Kelas VII

     Algoritma dilakukan sebelum membuat program. Algoritma adalah langkah menyelesaikan masalah.  A. Algoritma       Ditemukan ilmuan timur Tengah zaman peradaban islam, Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi. Kata Algoritma diambil dari namanya, Al-Khwarizmi.        Algoritma adalah konsep. Oleh karena itu, setiap orang memiliki Algoritma berbeda-beda untuk menyelesaikan masalah yang sama.       Program di komputer telah melalui proses perancangan. Algoritma diterapkan di program komputer.       Algoritma adalah langkah-langkah menyelesaikan masalah. Contohnya membuka lembar kerja baru excel 2016 & menyalakan laptop.       Algoritma dilakukan sebelum membuat program.      Ciri-ciri Algoritma sebagai berikut :  1. Memiliki input.  2. Membutuhkan proses tertentu.  3. Menghasilkan output.  4. Intruksi tegas dan jelas.  5. ...

Soal Beserta Jawaban Uji Informatika Bab 1 (Perangkat Informatika) Buku Informatika Kelas 7 SMP

1. Komputer berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya …  Jawaban : A. To Compute   2. Sejarah Perkembangan komputer dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu … Jawaban : B. Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940 3. Ilmuwan yang menemukan telepon pertama kali adalah .... Jawaban : A. Alexander Graham Bell 4. Di bawah ini yang merupakan alat hitung jaman kuno adalah .... Jawaban : A. Sempoa 5. Ilmuwan yang menemukan mencipta mesin hitung mekanika pertama adalah … Jawaban : B. Blaise Pascal 6. Ilmuwan yang menemukan komputer pertama kali adalah … Jawaban : C. Charles Babbage 7. Pengolahan data komputer generasi pertama menggunakan ....  Jawaban : B. Tabung vakum 8. Komputer generasi kedua terjadi pada tahun …  Jawaban : C. 1959–1964 9. Komputer generasi kedua terjadi pada tahun … Jawaban : C. 1959–1964 10.Pengolahan data komputer generasi ke empat menggunakan .... Jawaban : C. IC/Chip 1. Sebutkan pengertian Informatika Jawaban : Informatika adalah disiplin ilmu ya...

Hari Pertama Masuk Sekolah

       Hari pertama masuk sekolah. Bukan bener - bener pertama kali masuk sekolah tapi maksudnya berada di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tepatnya naik dari kelas 6 SD ke kelas 7 SMP. Yap, aku kelas 7 sekarang di SMP Labschool Jakarta. Seneng dapet sekolah baru dan tentunya kepingin tau suasananya kayak gimana. Selain itu, juga kepingin ketemu temen - temen baru. Saling sapa - menyapa satu sama lain. Hai halo nama kamu siapa? Oh hai juga nama ku *** kalo namamu siapa? Pikirku pasti asik sih. Tapi dengan keadaan seperti ini, covid-19 merajalela dimana - mana. Nggak memungkinkan untuk seperti itu. Yaa mau bagaimana lagi. Ini kan takdir tuhan yang kita gak bisa tolak kan ya. Jadi judulnya kali ini "Hari Pertama Masuk Sekolah Online".               ~ Senin, 13 Juli 2020                                           ...

✨Liburan Akhir Tahun ala Langit✨

sc :  https://www.hariansuara.com/news/nasional/19370/belajar-secara-daring-dikeluhkan-orangtua           Wah, gak kerasa ya, udah masuk sekolah lagi. Perasaan baru kemarin deh ambil rapot akhir semester ganjil terus disambung liburan, eh sekarang udah masuk semester genap. Dan tentunya kita belajar secara pjj lagi. Sebetulnya rencana Menteri Pendidikan Nadiem Makarim di semester kedua ini sudah belajar secara offline. Tapi keadaan tidak memungkinkan dengan makin banyaknya kasus covid 19 di indonesia. Yah mau gimana lagi🤷🏻‍♀️ . Lebih baik kita dirumah aja daripada tertular covid 19 kan. *hufft walaupun begitu, kita harus tetep semangat ya belajar daringnya. sc :  https://www.tsm.ac.id/keseruan-dosen-dan-mahasiswa-dengan-belajar-dari-rumah/      Oke oke, sekarang kita masuk ke topik utama sesuai judul blog ini "Liburan Akhir Tahun ala Langit". Yeeyy prok prok prok //tepuk tangan👏🏻 . Liburan Langit ga ngebosenin banget tapi cukup ...